Salah satu elemen perubahan dalam kurikulum 2013 adalah Standar Penilaian. Penilaian pada kurikulum 2013 berorientasi pada penilaian autentik. Secara bahasa otentik artinya asli, nyata. Secara istilah penilaian autentik artinya penilaian atas kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam dunia nyata dari apa yang telah diketahuinya.
Anda juga dapat membaca terlebih dahulu Juknis nya dan admin juga share mengenai aplikasi pengisian raport k13 dengan deskripsi otomatis(buat guru yang sudah memahami excel). jika anda ingin membuat deskripsi raport k13 tanpa bantuan software silahkan anda perhatikan contoh di bawah ini :
Seorang guru kelas 1 ingin melakukan penilaian pada siswanya berkaitan dengan :
- Mengenal cara-cara memperkenalkan diri
- Siswa dapat memperkenalkan diri.
Untuk indikator 1 apa jenis tes yang tepat digunakan oleh guru? Untuk indikator 2 apa jenis tes yang tepat digunakan oleh guru?
Untuk melakukan penilaian indikator 1 jenis tes yang digunakan bisa tes tertulis bias tes lisan, karena indikator 1 adalah untuk mengukur aspek kognitif. Sedangkan indikator 2 jenis tes yang digunakan adalah unjuk kerja atau praktik karena indikator 2 untuk mengukur aspek keterampilan. Bagaimana Bapak/Ibu sudah ada gambaran?
Coba sekarang terka, jika seorang guru ingin melakukanpenilaianberkaitan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan wudlu, jenis tes apakah yang seharusnya digunakan?
Tes Unjuk Kerja atu Praktik
Jika jenis tes itu yang Bapak/Ibu pergunakan, maka panjenengan telah melakukan penilaian otentik. Bapak/Ibu model raport untuk SD nantinya adalah sebagai berikut ini :
Semester : 1 (satu) Nama Sekolah : SDN 221/VIII SUKADAMAI
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015 Alamat Sekolah : Jl. Merdeka
B. Pengetahuan
C. Keterampilan
1.a. Sikap Spiritual
Keterangan :
A. Sikap
Aspek | Deskripsi |
Menerima, menjalankan ajaran agama yang dianutnya | Sangat terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru | Menunjukkan sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol, masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian. |
Aspek | Deskripsi |
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
· dirinya,
· makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·benda-bendalain di sekitarnya
| · Mahir menyebut tata cara bersuci, masih perlu bimbingan untuk memahami makna doa sebelum dan sesudah belajar. · Menguasai benar simbol-simbol sila Pancasila. · Mahir menyebut teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindera dengan kosakata bahasa Indonesia · Pandai membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda dengan menggunakan istilah sehari-hari. · Masih perlu latihan tentang pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmik |
Aspek | Deskripsi |
Menyajikan kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam : · bahasa yang jelas, logis, dan sistematis · karya yang estetis · gerakan anak sehat · tindakan anak beriman dan berakhlak mulia | Telah melaksanakan aturan di sekolah dengan baik, masih perlu bimbingan dalam menceritakan kebersamaan dan keberagaman di sekolah. Mahir dalam menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga dengan menggunakan Bahasa Indonesia. |
Pada kesempatan ini akan saya bahas cara melakukan penilaian dan membuat deskripsi raport untuk aspek sikap. Yang harus diingat adalah bahwa aspek sikap mencakup dua hal yaitu sikap spiritual (KI.1) dan sikap sosial (KI.2). Mari kita cermati lagi model raportnya.
A. SikapAspek | Deskripsi |
Menerima, menjalankan ajaran agama yang dianutnya | Sangat terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru | Menunjukkan sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol, masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian. |
1.a. Sikap Spiritual
Secara umum, penilaian sikap dilakukan melalui kegiatan observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal.
a. Observasi
Instrumen penilaian sikap spiritual (KI.1)
Tema : Diriku
Indikator : ~ Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
~ Mengidentifikasi nama teman
~ Menyebutkan identitas teman
Sikap spiritual yang akan dinilai:
~ Berdoa sebelum dan sesudah belajar
~ Bersuci sebelum beribadah
~ Bersyukur
~ Sesuaikan dengan tingkatan kelas, yang disarikan dari inti materi
No | Nama | Berdoa sebelum dan sesudah belajar | Bersuci sebelum beribadah | Bersyukur | |||||||||
Blm Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Blm Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Blm Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
Budi | √ | √ | √ | ||||||||||
Ali | √ | √ | √ | ||||||||||
dst |
- Berilah dengan “chechlist” atau “√” pada kolom yang sesuai.
- Nilai skala pada masing-masing aspek (berdoa sebelum dan sesudah belajar, bersuci sebelum beribadah, bersyukur), akan dimasukkan dalam rekap nilai sikap sosial per tema dalam satu semester
No
|
Nama
| Perilaku yang diamati (mulai tema1 - tema4) | Deskripsi | |||||||||||||||||||||||
Berdoa sebelum dan sesudah belajar | Bersuci sebelum beribadah | Bersyukur | Terbiasa membaca basmalah | Meyakini adanya Allah | dst | |||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| |||
Budi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |||||||||||||||||||||
Ali
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |||||||||||||||||||||
Dst
|
- Angka 1 : belum terlihat, 2: Mulai terlihat; 3: Mulai Berkembang, 4: Membudaya
- Rekapitulasi hasil observasi sikap, diperoleh dari observasi terkait dengan sikap sosial dari tema 1 s.d tema 4 yang telah dibuat pada rubrik dari tiap-tiap tema.
- Kolom deskripsi diisi kecenderungan yang menunjukkan sikap yang menonjol dan hal-hal yang masih diperlukan bimbingan.
Berdasar rekap hasil observasi sikap spiritual semester-1 bagaimana deskripsi yang tepat untuk Budi dan Ali untuk mengisi buku raport?
Sangat terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah.Sangat terbiasa mensyukuri nikmat pemberian Allah dan terbiasa membaca basmalah setiap memulai aktivitas, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam berdoa sebelum dan sesudah belajar.
1. Dalam merekap nilai sikap, acuan yang digunakan adalah modus yaitu perilaku/kebiasaan yang sering muncul. Contoh Budi untuk karakter “berdoa sebelum dan sesudah belajar” dalam tema-1 nilai 3, tema-2 nilai 4, tema-3 nilai 3, tema-4 nilai 2. Dengan demikian yang masuk dalam rekap adalah nilai 3. Bagaimana jika terjadi perolehan nilai yang sama? Contoh, di tema-1 dan 2 dapat nilai 3, tema-3 dan 4 dapat nilai 4. Jika terjadi demikian maka Bapak/Ibu harus membandingkannya dengan tiga jenis penilaian yang lain, yaitu penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal. Lebih condong ke arah nilai 3 atau nilai 4.
Untuk jenis penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal penjelasannya mengikut di aspek sikap sosial saja.1.b. Sikap Sosial
Penilaian sikap dilakukan melalui kegiatan observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal.
a. Observasi
Instrumen penilaian sikap sosial (KI.2)
Tema : Diriku
Indikator : ~ Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
~ Mengidentifikasi nama teman
~ Menyebutkan identitas teman
Sikap sosial yang akan dinilai:~ percaya diri
~ disiplin
~ bekerja sama
~ Lihat buku guru Kelas I tema-1 Subtema: Aku dan Teman Baru
No | Nama | Percaya diri | Disiplin | Bekerja sama | |||||||||
Blm Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Blm Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Blm Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | ||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
Budi |
√
|
√
|
√
| ||||||||||
Ali |
√
|
√
|
√
| ||||||||||
dst
|
Keterangan :
- Berilah dengan “chechlist” atau “√” pada kolom yang sesuai.
- Nilai skala pada masing-masing aspek (percaya diri, disiplin, bekerja keras), akan dimasukkan dalam rekap nilai sikap sosial per tema dalam satu semester
REKAP HASIL OBSERVASI SIKAP SOSIAL semester-1
No
|
Nama
| Perilaku yang diamati (mulai tema1 - tema4) | Deskripsi | |||||||||||||||||||||||
Percaya diri | Disiplin | Bekerja sama | Santun | Tertib | Dst | |||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| |||
Budi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |||||||||||||||||||||
Ali
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |||||||||||||||||||||
Dst
|
- Angka 1 : belum terlihat, 2: Mulai terlihat; 3: Mulai Berkembang, 4: Membudaya
- Rekapitulasi hasil observasi sikap, diperoleh dari observasi terkait dengan sikap sosial dari tema 1 s.d tema 4 yang telah dibuat pada rubrik dari tiap-tiap tema.
- Kolom deskripsi diisi kecenderungan yang menunjukkan sikap yang menonjol dan hal-hal yang masih diperlukan bimbingan
0 komentar:
Posting Komentar